Sunday, July 1, 2018

Mengapa Harus Tinta Plastisol?


APA ITU TINTA PLASTISOL??
Tinta plastisol adalah jenis tinta sablon yang berbasis minyak atau yang terbuat dari campuran minyak bumi.
Atau kalau bahasa keren nya SOLVENT BASE



2.      MENGAPA HARUS MEMAKAI TINTA PLASTISOL
Mengapa harus menggunakan TINTA PLASTISOL,ini berarti kita membahas keunggulan tinta plastisol dibanding jenis tinta lainya ya.
-          PERTAMA,dilihat dari hasil sablonan nya
Hasil sablonan tinta plastisol ini terlihat cerah dan mengkilap dan tekstur tinta nya ini rapat dan menutup kain dengan sempurna.
-          KEDUA,sablonan dengan tinta PLASTISOL jauh lebih awet dari tinta Rubber asalkan dari segi pengerjaan dan perawatan nya TEPAT.
-          KETIGA,sablon plastisol sekarang sudah menjadi standarisasi produk-produk kloting atau brand distro baik dalam negeri maupun dari luar negeri
-          KEEMPAT,tinta plastisol ini mempunyai tingkat kelembutan dan elastisitas yang tinggi,menggunakan screen dengan nilai T tinggi misal T90-T120 tinta ini masih bisa turun dengan sempurna.jadi sangat cocok untuk sablonan dengan teknik raster atau detail gambar yang tinggi.

3.      APA KEKURANGAN DARI MENGGUNAKAN TINTA PLASTISOL
Setiap kelebihan pasti ada kekuranganya ,
Kekurangan TINTA PLASTISOL ini yang paling mudah ditemui adalah tinta jenis ini tidak tahan panas JADI kalau kalian punya kaos dengan sablonan plastisol jangan sekali-sekali menyetrika tepat diatas sablonan nya,kenapa karena pasti sablonanya akan meleleh.
Disetrika dengan memakai alas atau kaos nya dibalik saja.
 Yang kedua adalah biaya produksi yang tinggi jika menyablon dengan tinta plastisol,ini dikarenakan tinta ini bukan hanya kering tapi juga harus matang,

4.      TIPS DAN TRIK MENYABLON PLASTISOL
-          PERTAMA
Gunakan obat afdruk khusus oilbase saat mau naik produksi menggunakan tinta plastisol,kalau menggunakann obat afdruk waterbase tidak akan tahan lama karena bisa terkikis kandungan minyak dalam tinta plastisol tersebut
-          KEDUA
Jika ingin mengencerkan plastisol gunakan reducer atau pengencer khusus plastisol,bukan air biasa.Tapi kalian juga bisa menggunakan solar atau minyak tanah.
-          KETIGA
Gunakan rakel dengan nilai shore atau kekerasan tinggi  ini dimaksud supaya tinta yang turun ke kain sempurna dan karet rakel tidak mudah terkikis oleh kandungan minyak dalam tinta plastisol.
-          KEEMPAT
Tinta plastisol harus kering dan matang jadi selain proses pengeringan permukaan sablonan kalian juga harus masuk ke proses pematangan.
Plastisol akan kering sempurna pada suhu sekitar 110 deraja celcius
Dan plastisol akan matang sempurna dalam suhu sekitar 160 sampai 180 derajat celcius
Proses pematangan menggunakan alat yang disebut kyuring
Kalau belum punya alat kyuring masih bisa memakai HOTGUN hanya saja pastikan pematangan seluruh area sablon sempurna.Dan tentu saja proses akan berjalan sedikit lama.
Tidak direkomendasikan menggunakan HAIR DRYER
-          KELIMA
Finishing sablonan plastisol dengan mesin press selama 15 sampai 20 detik supaya hasil sablonan semakin kuat,halus dan terlihat mengkilap.



Nah itu tadi bahasan sedikit mengenai tinta plastisol dan apakah sablonan harus menggunakan tinta plastisol? TIDAK HARUS karena kembali ke PO atau orderan yang masuk ke workshop kalian
Apabila video ini bermanfaat bagi kalian jangan lupa share-like dan subscribe,dan apabila ada masukan dan pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

Jika kurang jelas kalian bisa simak video berikut :

No comments:

Post a Comment